Jumat, 15 Juli 2011
Terwujudnya
generasi muslim , kreatif, berprestasi dan cinta lingkungan
Penjabaran visi madrasah
INDIKATOR :
I. Muslim
1. Menjalankan syariat islam dengan benar
2. Berperilaku sesuai norma-norma
islam
3. Siswa yang lulus bisa baca tulis Al-quran
II. Kreatif
1. Menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat
2. Tidak mudah menyerah
3. Tanggung jawab terhadap tugas
yang diberikan
4.
Menciptakan berbagai kerajinan dari sampah anorganik
5.
Menciptakan pupuk kompos dari sampah organik
III.
Berprestasi
1. Prestasi akademik mencapai
rerata 4,0 dari tahun 2011/2012
2. Meraih kejuaraan lomba
olimpiade
3. Prestasi non akademik minimal
B
IV. Cinta Lingkungan
1. Berperilaku bersih, sehat dan
disiplin
2. Taat pada tata tertib
disekolah maupun dirumah
3. Peduli lingkungan yang bersih
dan sehat
4. Terbebasnya lingkungan sekolah dan sekitarnya dari sampah
5. Berperilaku pencegahan dan pengantisipasian
pencemaran tanah, udara dan air akibat sampah
6. Terkelolanya
limbah sampah untuk pemupukan tanaman(kompos) dan kerajinan sebagai wahana
sumber pembelajaran IPA,IPS, PKn, Agama, PENJAS ORKES dan SBK.
Misi :
I.
Standar Isi
1) Mewujudkan kurikulum
madrasah yang kreatif, adaptif dan
inovatif sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan yang peduli dan cinta
lingkungan.
II. Standar Proses
1) Melaksanakan pembelajaran
aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan
2) Melaksanakan pembiasaan jujur, tanggung jawab, kerja keras dan cinta tanah air
3) Melakukan pembinaan siswa
berprestasi
4) Melaksanakan pembelajaran
untuk peduli dan berbudaya lingkungan
(melestarikan fungsi lingkungan hidup)
5)
Melaksanakan pembelajaran terkait dengan proses
pengolahan sampah
6) Melaksanakan pembelajaran IPA, IPS, PKN,
PENJAS ORKES, SBK dan Agama dengan sumber belajar dari pengelolaan sampah
7) Menumbuhkan jiwa wirausaha dari pengolahan
sampah (organik, an organik dan B3)
III.
Standar Pendidik
1) Meningkatkan sumber daya
manusia (guru) yang profesional dan berkompetensi dalam bidangnya
2)
Mempunyai karakter peduli dalam melestarikan fungsi
lingkungan hidup
IV. Standar Sarpras
1) Mengupayakan tersedianya
sarana dan prasarana pendidikan yang menunjang pembelajaran, pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan karakter
2) Menjalin kerja sama dengan wali
murid dalam pengadaan sarana dan prasarana.
3)
Menyediakan alat bantu untuk proses pengolahan
sampah organik, an organik dan B3
V. Standar Kelulusan
1)
Menetapkan kriteria kelulusan yang mengacu pada nilai Ahklak, pengetahuan dan cinta lingkungan
2) Meningkatkan kriteria
ketuntasan mapel 8,00
3) Meningkatkan jumlah lulusan
dengan nilai UN minimal 7,00
4) Meningkatkan
pemahaman, pengendalian dan pelestarian lingkungan hidup
VI. Standar Pengelolaan
1) Melaksanakan pembagian tugas
sesuai dengan tupoksi masing-masing
2) Bekerja sama dengan
stakeholder yang terkait untuk mencapai tujuan madrasah yang diinginkan
3) Melaksanakan proses pengolahan sampah untuk pemupukan
tanaman (kompos) dan kerajinan (sampah organik,
an organik dan B3) guna pengendalikan terjadinya pencemaran dan
kerusakan lingkungan hidup
VII.
Standar Pembiayaan
1) Mewujudkan pembiayaan
pendidikan yang memadai dan proporsional sesuai dengan Peraturan Menteri
Keuangan
2) Melakukan peningkatan
kewirausahaan demi lancarnya kegiatan madrasah
VIII.
Standar Penilaian
1)
Melaksanakan penilaian baik dibidang akademik dan non akademik berbasis pendidikan karakter
2) Melaksanakan penilaian berbasis
perilaku terhadap
cinta lingkungan sekitar